Kamis, 17 Mei 2012

~ Alat-alat Musik Paling Aneh dan Unik di Dunia ~

1. The LEGO Harpsichord

Dibuat oleh Henry Lim, Harpsichord LEGO berbentuk piano ini dibangun seluruhnya dari Lego, dengan pengecualian senar kawat. Proyek membawanya dua tahun perencanaan dan pembangunan untuk menciptakan alat musik  yang akan tahan terhadap tekanan seberat kurang lebih 147 kg untuk menahan blok LEGO oleh senar piano kawat, tetapi keunggulan utamanya, LEGO Harpsichord dibangun dari 100.000 buah LEGO, berdiri sebagai alat musik unik di dunia.

Spesifikasi Lego ini: 1 x 8' disposition (single choir (one string per note), middle C corresponds to middle C on other instruments), single manual (one keyboard), 61 note range (5 octaves, C-c'''', A415), 6 x 3 ft. dimension, approximate 150 lbs. weight, and an estimated 100,000 LEGO piece count. The strings (brass gauges .012-.018 and steel gauges .008-.012) exert approximately 325 lbs. of tension.


2. The Great Stalacpipe Organ

Alat musik ini dibuat oleh seorang ilmuwan matematika dari Pentagon pada tahun 1954 di gua-gua yang bertempat di Shenandoah Valley di Virginia. Piano ini merupakan alat musik terbesar di dunia dengan ukuran 3,5 hektar.

3. Sea Organ

Cara terbaik bersantai dengan pacar anda di pinggir pantai menikmati sunset ditemani dengan sebotol anggur dan lantunan suara organ yang indah, jika anda pergi ke zadar kroasia, anda hanya harus menyiapkan sebotol anggur dan tidak perlu menyiapkan musik oragan karena disana terdapat organ yang dapat dimaikan oleh alam.
Dibuat oleh Nikola Basic pada tahun 2005, alat musik ini dibangun di tepi laut Adriatik di Zadar, Kroasia, merupakan alat musik organ pertama di dunia yang menggunakan tenaga laut. Angin dan gelombang laut memainkan nada diatonic organ ini tanpa henti.


4. Nano Guitar

Tidak ada alat musik yang lebih kecil dari nano guitar, dengan hanya berukuran 10 mikrometer, tidak lebih besar dari sel manusia.
Para peneliti dari Cornell NanoScale Science & Technology Facility (CNF), sebuah fasilitas penelitian yang berada di daerah New York, yang bergerak dalam pengembangan sains dan teknologi nano project mengumumkan bahwa mereka telah berhasil membuat sebuah gitar nano yang hanya memiliki panjang 10 mikrometer.
 Gitar ini mempunyai 6 buah senar, setiap senar memiliki lebar sekitar 50 nanometer atau setara dengan 100 atom. Satu nanometer adalah 1 per 1 milyar meter. Sebagai perbandingan, diameter rambut manusia sekitar 200 mikrometer atau 200.000 nanometer.  Suara yang dihasilkan dari gitar terkecil yang pernah ada ini terlalu kecil untuk didengar oleh telinga manusia.

sumber