Sabtu, 26 Mei 2012

Lima Sepeda Motor Klasik Terlangka di Dunia



Motor klasik, emang bikin asyik./ Foto: Istimewa 
Memiliki sepeda motor klasik atawa antik yang terbilang sangat langka, tentunya merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi si pemiliknya. Terlebih, jika sang pemilik tergabung dalam suatu komunitas, dimana informasi dan sharing tentang segala hal yang 'berbau' motor klasik lebih mudah dan lebih cepat untuk didapatkan. Semakin klasik, semakin mantap bro!, begitu kata sebagian dari mereka.
Tak jarang, banyak penggemar dan kolektor yang rela 'berburu' sepeda motor vintage impiannya hingga ke ujung dunia. Soal harga pun tak masalah, asalkan sang 'Motor Impian' bisa menjadi miliknya.
Nah, berikut ini lima sepeda motor klasik terlangka yang 'wajib' Anda tahu jika menyandang gelar kolektor sepeda motor klasik...cekidot masbro!

1. Roper Steam Motorcycle (Amerika Serikat)

Roper Steam Motorcycle/ Foto: Istimewa

Sepeda motor yang telah berusia 117 tahun asal Amerika Serikat (AS) ini, disebut-sebut akan memecahkan rekor dunia sebagai sepeda motor klasik termahal di dunia. Roper Steam Motorcycle yang diproduksi tahun 1894 ini, diperkirakan bernilai minimal US$ 520 ribu atau sekitar Rp 4,6 miliar.

Selain sudah berumur, Roper Steam Motorcycle juga menjadi saksi perkembangan sepeda motor di abad 19. Sepeda motor yang cuma diproduksi dua unit saja ini menggunakan teknologi mesin uap.
Dirancang oleh Sylvester Roper dari Roxbury, Massachusetts, Roper Steam Motorcycle digerakkan dengan mesin tenaga uap yang dihasilkan dari energi batubara, dapat dipacu hingga kecepatan maksimal 40 km/jam. Dalam sejarahnya, ia bisa menjelajah sampai 7 mil atau 11,2 km di Dorchester Road, Boston, pada tahun 1896.


2. Chater Lea (Inggris)


Chater Lea/ Foto: Istimewa

Pabrikan sepeda motor klasik yang terbilang sangat tua di Britania Raya ini, berdiri pada 1900 dan mulai mengembangkan sepeda motornya pada 1903. Di tahun 1905 mereka membuat Chater Lea dengan konfigurasi mesin V-twin.
Konfigurasi mesin V-twin, diadopsi dari mesin buatan J.A.P. Pabrikan ini masih memproduksi mesin 2-tak di zamannya. Mesin J.A.P 1905 yang diterapkan di Charter Lea mengusung katup inlet otomatis, dan memiliki dua percepatan.

3. Emblem (Amerika Serikat)


Emblem USA/ Foto: Istimewa
Varian sepeda motor yang di buat oleh Amerika Serikat pada tahun 1907. Namun dilihat dari kondisinya, kendaraan ini terbilang masih sangat sederhana.
Berbasiskan model sepeda kumbang, sepeda motor ini memiliki down-tube tunggal melengkung yang langsung menyambung ke center bone-nya. Emblem berkapasitas 631 cc dengan tenaga 4 dk.


4. Deronzire (Prancis)

Deronzire/ Foto: Istimewa

Pabrikan Deronzire memiliki 'masa hidup' yang lumayan singkat, yaitu dari tahun 1904 hingga 1914. Pabrikannya sendiri berdiri di Kota Lyon, Prancis, namun beberapa varian mesinnya dipasok dari perusahaan besar di Eropa seperti Zedel dan Peugeot. Dengan memiliki kapasitas mesin sebesar 282 cc, kendaraan ini tergolong sangat ringan, hanya 45 kg saja masbro!
Deronzire, yang namanya diambil dari Francisque Croizier de Ronziere ini, memiliki kecepatan maksimal standar pabrikan 32 km/jam dengan penerus daya sistem belt.


5. BMW R32 23 (Jerman)


BMW R32 23/ Foto: Istimewa

Walau ini bukan motor pertama pabrikan Bayerische Motoren Werke AG alias BMW, sepeda motor ini terbilang sangat sukses pada zamannya lho. Seri BMW R32 sendiri mulai diproduksi antara tahun 1923 hingga 1926.
Bermodalkan mesin bentukan BMW dengan 2 silinder tiduran alias boxer, motor klasik ini punya kapasitas mesin 494 cc dengan tiga percepatan. Popularitasnya sendiri hanya bisa disaingi oleh BMW R90S berkapasitas 898 cc, produksi 1973.

sumber